Monday, June 24, 2019

Tutorial Cara Rekam Layar Black Shark 2 Beserta Internal Audio

Kali ini saya akan memberikan tutorial lengkap cara Rekam ( record ) layar beserta Internal Audio pada seri smartphone gaming Black Shark ( seri generasi 1, helo atau 2 ) terutama buat kalian yang menggunakan Black Shark dengan rom Global ( joy ui ).


Untuk melakukan perekaman layar dan internal audio pada Smartphone Black Shark bukanlah hal yang sulit, fitur ini baru beberapa bulan di tanamkan pada update Joy UI terbaru dengan beragam pilihan kualitas rekaman dari yang beresolusi tinggi hingga rendah.


Sebelum melanjutkan pastikan kalian sudah memiliki update os terbaru dari black shark jika belum silahkan update terlebih dahulu ke OS yang paling terbaru ( caranya? ) silahkan buka Pengaturan > Sistem > Update Sistem, silahkan download dan update OSnya jika tidak ada pembaruan dan ternyata kalian sudah memiliki os pembaruan terbaru silahkan lanjutkan pada cara di bawah berikut :

Langsung saja berikut caranya :

#1 : Pastikan kalian sudah memiliki akses terhadap ScreenRecorder pada panel notifikasi, jika belum ada silahkan buka atau seret menu panel notifikasi dari atas kemudian pilih tombol bergambar Pensil seperti contoh gambar berikut : 


#2 : Selanjutkan silahkan scroll ke bawah dan cari ikon ScreenRecorder kemudian seret ke panel di bagian atas untuk memudahkan akses terhadap tombol menu Rocordernya.


#3 : Sekarang silahkan masuk ke dalam Game yang ingin kalian rekam layar beserta internal audionya, kemudian buka panel notifikasi dan pilih ikon menu ScreenRecorder, contohnya seperti gambar berikut :


#4 : Kemudian layar akan terekam otomatis ( jika tidak terekam otomatis klik tombol Start )


#5 : Untuk berhenti merekam silahkan tekan tombol Stop dan Hasil dari tangkapan video akan di simpan ke Gallery!


*Catatan PENTING!

Untuk yang mengalami masalah video menjadi kecil saat ingin di putar seperti pada gambar berikut :


Cara memperbaikinya agar menjadi Fullscreen silahkan masuk ke panel notifikasi dan cari menu ikon ScreenRecorder, kemudian tahan ikon ScreenRecorder hingga masuk ke menu Pengaturan Screen record settings kemudian pilih menu Orientation dan ubah ke Portrait ( contoh gambar di bawah ) kemudian coba lakukan perekaman lagi dan liat hasilnya!


Eitss.. pada menu Screen record settings kalian juga bisa mengubah kualitas rekaman pada menu Video quality, Resolusi, kemudian Sournd source mau dari Internal ( System sounds ) atau External dan lain sebagainya.

Tips lainnya : Suara pada video hasil rekaman akan mengikuti besaran / kekencangan dari suara saat kalian merekam gamenya jadi kalau mau suara hasil rekamannya kencang saat bermain gunakan juga volume paling tinggi agar video hasil rekaman suaranya juga besar.

Bagaiaman keren kan? jangan lupa tinggalkan komentar atau pertanyaan kalain pada kolom komentar di bawah ya... Terima Kasih!

2 comments


EmoticonEmoticon