Monday, June 3, 2019

Lebih Baik Emulator ROM Untuk Nintendo Wii Atau GameCube? | Android Dolphin

Pada postingan kali ini saya akan membahas kekurangan antara kedua platform Nintendo Wii dan GameCube yang sama-sama di dukung oleh emulator Dolphin di Android, sebenarnya mana yang lebih baik antara memainkan emulator Nintendo Wii atau GameCube? Jawabannya memang bervariasi saya hanya menjabarkan saja selebihnya silahkan kalian tentukan sendiri, sebelum melanjutkan saya akan sedikit memberikan penjelasan bagi yang belum tau apa sih perbedaan rom wii atau gamecube lalu apa juga itu Dolphin Emulator di Android?



Oke begini Dolphin adalah Emulator yang dapat memainkan game-game dari 2 platform yaitu Nintendo Wii dan GameCube, Emulator ini bisa kalian download dan dapatkan secara gratis di PlayStore Android, kemudian ROM adalah istilah lain dari File Game itu sendiri jadi setiap platform contoh saja Nintendo Wii atau GameCube memiliki file ROM yang berbeda.

Baca Juga : Cara Menggunakan Emulator Dolphin + Download ROM Games Di Android

Tapi ada kekurangan dan kelebihan di salah satu platform emulator tersebut, jika pada umumnya karena masalah Performa kali ini lebih dalam lagi yang Pertama datang dari masalah Kontrol, pada konsol aslinya kedua platform antara Nintedo Wii dan GameCube memiliki kontrol yang berbeda dan jika kontrol tersebut di aplikasikan ke layar Android dengan sentuhan tentu akan memiliki tingkat kerumitannya sendiri.


Untuk Nintendo Wii memiliki kontrol beragam yang jauh lebih rumit dan sedikit sulit di aplikasikan ke Android hal ini di karenakan Wii memiliki banyak kontroler seperti remote / gamepad dan pendukungnya yang berupa stick alias " Nunchuck " dll.. yang di mana beberapa game memerlukan Nunchuck ini sebagai pengontrolnya dan sulit sekali jika harus di aplikasikan menggunakan beberapa metode lain contohnya saja seperti Stick di layar atau dan Motion smartphone.

hal paling menyebalkan saat ingin memainkan rom platform wii

Nah untuk Nintendo GameCube memiliki kontrol yang bisa di bilang lebih sederhana yaitu berupa gamepad / kontroler yang biasa yang mirip dengan yang ada pada seri PlayStation, dengan begitu untuk pengaplikasiannya pada layar sentuh Android juga akan jauh lebih mudah di mainkan.

Nintendo GameCube controller layout

Jadi harap sebagai referensi saja jika saya sendiri di suruh memilih antara lebih suka memainkan emulator Nintendo Wii atau GameCube tentu saya lebih pilih GameCube dari segi kontrol dan Wii dari segi game-gamenya.

Untuk tambahan sebagai solusinya kalian bisa juga menggunakan gamepad kontroler external yang bisa di beli pada toko online dengan mudah, jadi tidak perlu repot-repot menyentuh layar cukup menggunakan kontroler external seperti yang ada pada gambar di bawah ini

Di samping tidak perlu repot-repot menekan layar juga tersedia dua stick yang bisa di gunakan sebagai pengganti Nunchuck pada emulator platform Nintendo Wii.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Performa Emulator Dolphin Di Android Hingga 60fps Menggunakan Custom MMJ Dolphin

Tambahan :

Yang Kedua datang dari game-game yang di tawarkan, untuk Nintendo Wii sendiri memang jauh menawarkan berbagai macam game-game lebih update di banding dengan Nintendo GameCube contoh saja Super Mario Bros dan serial lainnya, di samping itu Wii juga memiliki tampilan grafis dan efek physics game yang lebih keren.

Ketiga untuk masalah performa saya rasa keduanya hampir sama tergantung jenis game dan settingan yang kalian gunakan pada emulator Dolphin entah kenapa beberapa game memang lebih optimize ke Nintendo Wii tapi itu semua saya rasa tidak akan menjadi masalah untuk kedepan karena Emulator ini terus di kembangkan.

Yang Terakhir adalah Kompatibilitas, di kedua platform ini hampir seluruh game kompatibel hanya beberapa mengalami grafik yang glitch dan layar blank problem ini banyak saya temui pada rom game Nintendo Wii.

Oke sekian postingan kali ini jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon