Friday, June 14, 2019

Hal yang Sering Menyebabkan PSU Pada PC Cepat Rusak dan Terbakar

Power Supply disingkat PSU adalah suatu komponen yang sangat penting pada Komputer / PC, PSU bertugas untuk mengantarkan arus daya yang di butuhkan oleh komponen dalam komputer, kemudian apa penyebabnya jika PSU rusak tiba-tiba? kemungkinannya ada banyak, berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan PSU pada komputer cepat mengalami kerusakan ( konslet, terbakar, tidak kuat mengangkat dsb.. ).

#1 : Kemampuan PSU tidak sesuai kebutuhan komponen


Komponen dalam komputer memiliki banyak jenis yang memiliki besar daya yang berbeda-beda pula, hal yang sering menyebabkan PSU rusak karena di bebani arus daya yang tidak sesuai kapasitasnya, simplenya saja komputer dengan komponen gaming yang memakan arus daya sebanyak 500watt di pasangkan PSU yang hanya berukuran 400watt tentu akan terjadi ketidak seimbangan sehingga PSU akan bekerja lebih keras dan hasilnya komponen dalam PSU menjadi cepat rusak pun komponen yang di aliri arus dari PSU akan rentan menjadi rusak.

#2 : Panas / Overheat


Panas juga bisa menjadi musuh utama dari PSU, ketika PSU panas maka komponen di dalam PSU sendiri menjadi tidak awet dan meningkatkan resiko terbakar, pastikan Kipas pada PSU berputar dan setidaknya daya pada PSU sedikit melebihi daya yang di butuhkan oleh komponen pada komputer.

#3 : Tegangan Arus Naik Turun


Tegangan listrik di beberapa daerah tertentu di Indonesia sering mengalami ketistabilan arus sehingga menyebabkan tegangan arus menjadi naik dan turun, hal ini membebankan kinerja PSU apalagi PSU dengan kualitas rendah tentu saja berdampak pada komponen di dalam PSU itu sendiri yang menjadi rentan rusak, solusinya adalah dengan menggunakan stavol / stabilizer dan pastikan stok kontak hanya khusus untuk kebutuhan komputer saja jangan di campur dengan peralatan elektronik lainnya.

#4 : Lonjakan Arus Tegangan Tinggi / Petir


Lonjakan arus tegangan tinggi biasanya terkena petir adalah musuh utama yang cepat membuat PSU rusak / terbakar dalam sekejap, bukan hanya PSU tetapi juga komponen yang tersambung dengan PSU, untuk menghindari lonjakan arus tegangan normal bisa menggunakan stavol / stabilizer untuk menghindari dari kejadian seperti petir silahkan gunakan Arrester.

#5 : Overclocking


Overclocking pada komponen dalam komputer dapat menyebabkan lonjakan daya pada komponen yang di overclock sehingga jika PSU tidak dapat menyuplai kebutuhan daya tersebut atau lebih dari yang dapat di topang oleh PSU maka akibatnya seperti pada No #1 di atas, di sarankan kalau hobi atau suka overclocking silahkan gunakan PSU dengan kualitas yang baik yang memiliki daya besar dan rail yang stabil.

#6 : Kemasukan binatang / serangga / kotor penuh debu


Tidak heran PSU merupakan salah satu komponen dengan lubang kipas paling besar atau biasanya terletak di bagian bawah sehingga mengundang serangga untuk membuat markas di dalamnya, serangga yang membuat sarang di dalam PSU akan mengakibatkan overheat / panas berlebih maupun konsleting, juga debu yang banyak akan menyebabkan hal yang sama.

Dan Yang Terakhir...

#7 : Kualitas PSU Abal-Abal


Yup PSU abal-abal adalah biang kerok kenapa PSU sering mengalami kerusakan, bukan hanya PSU melainkan komponen-komponen dalam Komputer, tidak jarang dan hampir semua kasus PSU abal-abal tertera arus daya yang palsu kalaupun sesuai maka railnya tidak stabil, rail yang tidak stabil akan menyebabkan komponen pada komputer cepat rusak juga rentan konslet dan terbakar! jadi sebisa mungkin gunakan PSU dengan kualitas yang baik apalagi untuk gaming jangan pelit-pelit atau resikonya komponen dalam komputer menjadi taruhan.

Oke sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon