Friday, June 21, 2019

Cara Menampilkan File di Flashdisk Yang Hilang Gara-Gara Virus

Pernahkan flashdisk kalian terinfeksi virus dan kehilangan akses terhadap file yang ada di dalamnya? ya kejadian ini beberapa hari yang lalu terjadi pada saya di mana flashdisk yang saya gunakan untuk melakukan print di salah satu warnet ternyata banyak terinfeksi virus! setelah flashdisk saya coba sambungkan ke PC pribadi hasilnya antivirus mendeteksi hampir lebih dari 40 virus atau malware dari berbagai jenis.

Walaupun virus dan malwarenya sudah di bersihkan dengan cara di karantina atau delete tetapi ada hal aneh yang terjadi, yaitu file saya hilang berganti folder kosong sudah di scan ulang menggunakan antivirus bahkan 2 antivirus ( eset dan avast ) hasil statusnya sudah clean tetapi anehnya file saya tidak juga ada di dalamnya padahal informasi pada file explorer menunjukan flashdisk memiliki isi karena ada space yang terpakai.

Sudah coba berbagai macam metode seperti : restart pc, cabut kemudian colok ulang, metode Cmd, menyalakan menu file tersembunyi lewat control panel, restart pc, pindah colok ke pc atau laptop lain, download Anti-Malware blaa.. blaa.. tapi hasilnya nihil file saya tetap terhide :(

Sampai akhirnya saya memiliki cara simple dan mudah untuk menampilkan atau minimal setidaknya menyelamatkan file penting yang ada di dalam flashdisk tersebut, caranya ternyata sangat mudah tanpa bantuan software hanya mengandalkan fitur bawaan windows, langsung saja caranya :

#1 : Sambungkan flashdisk / flashdrive kalian yang filenya hilang dan tidak bisa di akses filenya

#2 : Setelah tersambung silahkan klik kanan pada ikon windows yang berada di pojok kiri bawah kemudian pilih Settings


#3 : Jika sudah masuk ke dalam menu Settings sekarang silahkan pilih lagi menu System

#4 :  Kemudian pilih lagi menu Storage


#5 : Sekarang silahkan klik pada Flash Disk / Flash Drive maka otomatis akan terbuka menu Storage Usage


#6 : Sekarang silahkan pilih file apa yang akan di cari, misalnya disini saya akan mencari file Video jadi saya klik menu Videos kemudian klik lagi nama dari flash disk / flash drive milik kalian.



#7 : Setelah itu akan muncul jendela otomatis yang menampilkan file yang ada di dalam flash disk kalian!


Bagaimana simple kan? tapi sayangnya ketika kalian menutup jendela tersebut dan membuka lewat panel eksplorer / lewat direktori This PC maka file akan kembali tidak terlihat, jadi gunakan metode di atas untuk membackup data-data kalian ke PC / Laptop kemudian setelah terbackup silahkan format flash disk/drive untuk menghapus seluruh data kemudian pindahkan lagi data yang sudah di backup ke dalam flash disk/drive dan selesai!

Oh ya satu lagi jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil silahkan ikuti cara-cara berikut :

#2 : Masuk ke Control Panel ( control panel ketikan pada menu search nanti juga muncul ) kemudian pilih Appearance and Personalization > File Explorer Options > View kemudian centang menu Show hidden files, folders, and drives lalu klik OK
#3 : Scan menggunakan Antivirus yang mumpuni contohnya Avast, BitDefender, Eset dll.. untuk yang gratis dan simple gunakan Avast download disini
#4 : Restart PC / Cabut colok ulang Flash Disk / Drive

Cara lainnya nanti akan saya update, Oke sekian postingan kali ini jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon