Saturday, May 11, 2019

Cara Mengatasi VGA Blank Tidak Terdeteksi ( Layar No Signal / Input )


Kali ini saya akan membagikan apa penyebab dan cara memperbaiki VGA Card yang tidak terdeteksi sehingga layar menampilkan No Signal, perlu di ketahui juga layar yang menunjukan No Signal tidak semuanya berasal dari VGA berikut hal-hal yang dapat kalian coba lakukan untuk mendiagnosa dan memperbaikinya :

#1 : Cek Kabel HDMI / VGA


Bisa saja penyebabnya datang dari Kabel HDMI atau kabel VGA-to-VGA yang kendur, terputus alias rusak jadi silahkan coba di test di peralatan lain atau coba di ganti dan lihat hasilnya kalau belum berhasil juga langsung cek no 2 di bawah

#2 : Bersihkan Soket Pada VGA
Jika kalian menggunakan VGA External silahkan cabut dan bersihkan soket pin kuning yang berfungsi mengaliri arus signal ke motherboard, kotornya pin bisa saja mempengaruhi kualitas sinyal.

#3 : Gunakan Monitor Yang Lain
Punya monitor lainnya di rumah? tv led/lcd atau laptop? silahkan sambungkan ke vga kalian yang ada di PC dan liat hasilnya apakah menampilkan gambar, kalau iya berarti monitor kalian yang sebelumnya bermasalah kalau tidak berarti pc kalian yang bermasalah.. kalau tidak ada monitor lain silahkan gunakan cara ke #5.

#4 : Dengarkan Bunyi BEEP


Error beep menandakan adanya kesalahan pada PC, silahkan dengarkan beep tersebut dan lihat informasinya pada lama berikut : www.computerhope.com/beep.htm 

#5 : Gunakan VGA On Board
Setiap motherboard biasanya memiliki vga onboard yaitu vga bawaan yang menggunakan CPU sebagai alat pemprosesan gambarnya, silahkan sambungkan dari vga on board yang ada di motherboard ke monitor jika menyala dan normal kemungkinan besar masalah ini terletak pada VGA Card, Motherboard atau PSU.

#6 : PSU Kurang Daya 
Jika kalian menggunakan VGA Card High-end yang memakan banyak daya apalagi melakukan SLI / Crossfire ( Dual VGA ) pastikan daya pada PSU kalian memadai dan memiliki standard komponen kualitas yang bagus sehingga PSU dapat menampung kebutuhan VGA.

#7 : Motherboard Tidak Kompatibel / Rusak


Hal ini pernah saya alami di mana motherboard saya yang bisa di bilang kelas budget tidak dapat menjalankan VGA yang masuk kategori High-end yang rakus daya, tampilan hanya menampilkan No Signal dan tanpa suara beep, setelah motherboard di ganti masalah selesai.

#8 : Soket Power Tambahan


Jangan lupa jika kalian menggunakan VGA kelas High-end yang memakan banyak daya maka VGA tersebut memiliki soket kabel tambahan bisa berupa 6 / 8pin yang di supply melalui PSU.

#9 : Reset RAM
Cara ini mungkin bisa membuahkan hasil, silahkan cabut dan pasang kembali RAM yang ada di motherboard dan lihat hasilnya

#10 : VGA, Motherboard atau Layar yang Rusak!
Oh ya satu lagi jika tampilan no signal dan kalian mendengar bunyi booting masuk ke Windows ini pertanda VGA atau Motherboard kalianlah yang menjadi penyebabnya.. silahkan coba di ganti partnya atau bawa ke tempat reparasi PC yang memiliki banyak hardware untuk di test apa penyebabnya.

Oke sekian postingan kali ini jika ada pertanyaan atau ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan komentar kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon