Friday, March 8, 2019

Tutorial Lengkap Cara Flash / Memperbaiki Mi 8 Bootloop ( Stuck, Softbrick & Hardbrick )

Untuk kalian pengguna Xiaomi Mi 8 yang menghadapi masalah Bootloop, Stuck logo Xiaomi, Softbrick maupun Hardbrick kali ini saya akan membagikan tutorial lengkap cara memperbaikinya, ada beberapa metode yang bisa kalian gunakan untuk memperbaiki Mi 8 kalian kalau begitu langsung saja berikut tutorial lengkapnya :



*Khusus untuk yang mengalami Bootloop, Softbrick, Stuck Logo

Untuk kasus ini cara mengatasinya cukup mudah kalian dapat menggunakan Mi Flash untuk melakukan flashing ulang ( install ulang ) OS android yang ada pada Mi 8 kalian, berikut tutorialnya :

*Catatan : pastikan Mi 8 kalian sudah terUBL ( unlock bootloader ) caranya saat kalian boot/restart Mi 8 akan muncul tulisan "Unlocked" tapi saya yakin berhubung Mi 8 tidak masuk resmi ke Indonesia jadi Mi 8 yang kalian pakai seharusnya sudah UBL semua karena menggunakan rom global.

#1 : Siapkan bahan-bahan berikut ( silahkan di download terlebih dahulu )
> Mi Flash Tool - Download
> ROM Terbaru untuk Mi 8 - Download v10.2.2.0 Android 9 ( atau silahkan cari versi yang kalian inginkan sendiri sendiri pada link berikut Klik Disini )
> Kabel Data USB
> PC / Laptop

#2 : Pertama silahkan letakan ROM yang sudah kalian download pada satu folder dan taruh di direktori root contohnya C:\ atau manual dengan klik Select dan cari direktori folder tempat kalian menaruh ROMnya

#3 : Buka Mi Flash Tool di PC / Laptop dan silahkan di sambungkan menggunakan kabel Data USB sekarang pada mi 8, tekan tombol POWER + Volume Bawah secara bersamaan sekitar kira-kira 10-15 detik hingga masuk ke menu Fastboot ( contoh gambar menu fastboot seperti di bawah )


#4 : Sekarang fokus ke Mi Flash Tools silahkan copy alamat direktori tempat kalian menaruh ROM yang sudah saya instruksikan untuk di taruh dalam folder dan di letakkan pada direktori C:\


#5 : Sekarang tekan tombol Refresh pada aplikasi Mi Flash


#6 : Otomatis Mi Flash akan mendeteksi perangkat kalian, nah sekarang adalah bagian terpenting jangan lupa centang / pilih tombol " CLEAN ALL " yang bisa kalian temukan di bagian bawah aplikasi Mi Flash.

#7 : Sekarang tekan tombol Flash dan tunggu hasilnya hingga selesai ( prosesnya memakan waktu terkadang hingga setengah jam ). jika sudah selesai maka kalian akan melihat menu pengaturan seperti awal kalian membeli dan mengaktivasi mi 8 tersebut :)

*Khusus untuk yang mengalami HARDBRICK!

*Catatan : Sebenarnya untuk masalah yang satu ini saya rekomendasikan untuk di bawa ke tempat service center xiaomi atau counter ponsel yang terpercaya untuk menghindari salah membuaka casing hp tapi jika kalian rasa kalian bisa melakukannya langsung saja resko di tanggung masing-masing ya..

Pertama tutorial ini saya dapatkan dari salah satu user forum Xiaomi yaitu @perdana1
Tutorial ini menggunakan teknik Testpoin yaitu agar supaya Mi 8 kalian bisa terdeteksi oleh Mi Flash Tools karena buat kalian yang mengalami Hardbrick tentu saja Mi Flash tidak dapat mendeteksi perangkat kalian.

Jika ingin melanjutkan langsung saja berikut tutorial lengkapnya :

#1 : Siapkan bahan-bahan berikut :

> PC atau Laptop dengan OS Windows ( minimal windows 7 )
> ID Account Xiaomi
> Sejenis Pinset / Penjepit yang terbuat dari besi
> ROM Terbaru untuk Mi 8 - Download v10.2.2.0 Android 9 ( atau silahkan cari versi yang kalian inginkan sendiri sendiri pada link berikut Klik Disini )
> Heater ( sejenis hairdryer ) fungsinya untuk membuka case Mi 8

#2 : Pertama silahkan buka perangkat mi 8 kalian menggunakan Heater tutorial lengkapnya bisa kalian lihat di YouTube atau silahkan saksikan contoh membuka back panel smartphone pada video berikut :


#3 : Ingat tetap lakukan dengan hati-hati ya.. dalam membuka back panel smartphone khususnya mi 8 yang terbuat dari bahan kaca yang mudah retak.

contoh Mi 8 setelah di buka back covernya

contoh jenis pinsetnya untuk testpoin

*Sekali lagi semua gambar credits dan thanks untuk agan Perdana

#4 : Pertama silahkan letakan dulu ROM yang sudah kalian download pada satu folder dan taruh di direktori root contohnya C:\

#5 : Sekarang silahkan sambungkan perangkat kalian ke dalam PC / Laptop menggunakan kabel data dan buka Mi Flash Tool

#6 : Silahkan copy alamat direktori tempat kalian menaruh ROM yang sudah saya instruksikan untuk di taruh dalam folder dan di letakkan pada direktori root contohnya C:\ atau manual dengan klik Select dan cari direktori folder tempat kalian menaruh ROMnya


#7 : Kembali ke Mi 8 yang sudah di buka backpanelnya, untuk cara test poinnya silahkan lihat gambar di bawah


#8 : Tempelkan kedua ujung pinset ke dua titik testpoin pada titik seperti yang ada pada gambar di atas setelah di tempelkan silahkan di tahan atau di ulangi

Berikut video tutorial test poin di mi 8 :


#9 : Jika Testpoin berhasil maka akan muncul " Driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 " yang telah terdeteksi pada bagian Device Manager dalam Windows


#10 : Dan juga Mi Flash Tool akan otomatis mendeteksi perangkat mi 8 kalian


#11 : Langkah terakhir silahkan ganti Menu di bagian bawah Mi Flash Tools ke mode " Clean All " kemudian tekan tombol FLASH dan tunggu hingga proses flashing selesai dan jika terjadi error dan muncul dialog jendela menu seperti gambar di bawah silahkan login menggunakan Account Xiaomi milik kalian.


#12 : Dan proses flashing akan otomatis di mulai


Setelah flashing selesai kalian akan masuk ke menu pengaturan aktivasi mi 8 seperti baru kembali :)

Bagimana? perangkat kalian masuk kategori yang mana? sukses? semua credit memperbaiki mi 8 menggunakan test poin referensi dan gambarnya saya dapat dari Forum Xiaomi tepatnya dari agan @perdana1 

Oke sekian postingan kali ini jika ada pertanyaan atau ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon