Thursday, March 14, 2019

Tips Menghindari Smartphone HP Dari Bahaya Panas, Meledak dan Terbakar

Belakangan ini marak smartphone yang bisa terbakar kemudian meledak dan dapat melukai bahkan menghilangkan nyawa pemiliknya, ada banyak kemungkinan kenapa smartphone bisa meledak tetapi satu yang pasti sumber ledakan pada smartphone datang dari temperatur baterai dalam smartphone yang sangat tinggi.

Smartphone di lengkapi dengan baterai Lithium-ion yang dapat panas dengan sendiri dalam kondisi tertentu misalnya ketika di charge ataupun sedang bekerja penuh ( bermain game sambil di charge etc ), smartphone dengan kualitas baik memiliki thermal protection yaitu sejenis sensor yang akan otomatis mematikan smartphone ketika temperatur di luar batas toleransi, fungsinya tentu saja untuk menghindari hal-hal seperti terbakar apalagi sampai meledak.

Walaupun smartphone sudah di lengkapi thermal protection yang namanya barang elektronik tidak semua sempurna, untuk itu tugas kita agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone dengan selalu berhati-hati, berikut adalah tips menghindari smartphone/HP kalian dari bahaya overheat pada baterai


#1 : Gunakan Charger Original bawaan dari produk masing-masing
Hal ini adalah langkah awal dalam menjaga kesehatan baterai dan juga komponen dalam smartphone agar dapat bekerja dengan baik, charger abal-abal alias palsu dapat menyebabkan arus daya yang masuk ke smartphone lebih besar atau lebih kecil dari standar yang sudah di tetapkan masing-masing vendor, resiko konsleting pada smartphone bisa saja terjadi di karenakan charger abal-abal ini.

#2 : Hindari mengganti baterai dengan baterai yang bukan original


Ini harus di perhatikan setiap kali kalian harus dan ingin mengganti baterai pada smartphone gantilah dengan baterai yang asli untuk setiap tipe masing-masing smartphone, gunakan kualitas baterai yang tinggi sesuai dengan standar dari smartphone yang kalian gunakan.

#3 : Sebisa mungkin hindari charge dalam ruangan yang panas 


Satu lagi hindari charge dalam ruangan yang panas karena smartphone yang di charge akan mengeluarkan temperatur yang panas di tambah temperatur ruangan yang panas akan menyebabkan resiko terhadap baterai kalian.

#4 : Jangan taruh dalam sengatan matahari secara langsung


Yang paling penting lainnya adalah jangan pernah menaruh smartphone langsung di bawah sinar matahari hal ini cukup berbahaya dimana smartphone akan menjadi sangat panas apalagi panas yang di hasilkan di luar smartphone sehingga smartphone tidak dapat mengaktifkan proteksi overheatnya dengan baik.

#5 : Jika bisa lepas case dalam smartphone jika ingin melakukan charge


Dengan cara ini akan menghindari panas berlebih dalam smartphone.

#6 : Usahakan menaruh smartphone tidak tertekan benda lainnya


Taruh smartphone kalian di tempat yang lega dan usahakan tidak ada benda berat yang menekan smartphone kalian di samping akan membuat smartphone kalian rusak juga resiko baterai konsleting akan semakin tinggi.

#7 : Saat melakukan charge taruh smartphone kalian di permukaan yang tidak mudah terbakar


Pastikan permukaan tersebut di lewati oleh angin segar sehingga menjaga smartphone kalian tetap dingin dan tentunya akan semakin awet.

#8 : Jika smartphone kalian mengalami masalah bawa ke tempat service resmi sesuai dengan vendor smartphone masing-masing atau bawa ke tempat service yang benar-benar dapat kalian percaya.


Baik sekian dulu tips dari saya, tentu hari ke hari teknologi semakin canggih tapi bukan berarti tidak ada celah dan resiko di dalamnya jadi tetap hati-hati dan tetaplah aman :)

Add Comments


EmoticonEmoticon