Wednesday, March 27, 2019

Perbedaan MIUI Rom Stable Dan Beta, Lalu Mana Yang Cocok Untuk Kalian?

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang rom MIUI besutan Xiaomi, yup miui sendiri merupakan rom yang di kembangkan oleh xiaomi rom ini menarik karena tampilannya yang sederhana menyerupai iOS tapi dengan tingkat kustomisasi yang lengkap. Miui sendiri memiliki banyak versi tergantung negara ataupun daerah tertentu, misalnya di China mereka menggunakan Rom China ( stable dan beta ) untuk di luar China yaitu Rom Global ( stable dan beta ) ada juga rom yang di khususkan untk negara tertentu misalnya Rom Russia dan yang terakhir adalah Custom Rom contohnya ( Rom EU ) yang merupakan rom hasil modifikasi dari Miui untuk kawasan eropa dan hasil modifikasi tentu tidak berasal dari Xiaomi.

Lalu apa perbedaan antara rom miui Stable dan Beta? cukup penting melihat dan mengetahui perbedaan antara rom Stable dan Beta :

Rom Stable memiliki rentang update bulanan sekitar 2 bulan sekali untuk setiap perbaikan bug maupun tambahan fitur tentu saja update pada rom global sudah melewati masa percobaan yang panjang untuk meyakinkan bahwa rom tersebut sudah benar-benar stabil tidak memiliki bug ( bug bukan berarti tidak ada pada rom stable tetapi setidaknya bugnya tidak banyak ) dan update keamanan terbaru sebelum di distribusikan ke seluruh pengguna Xiaomi Miui.

Rom Beta memiliki rentang update lebih cepat yaitu setiap minggu dengan fokus ke penambahan fitur baru juga perbaikan bug, di rom beta kalian akan mendapatkan fitur-fitur baru dari Xiaomi setiap minggunya tetapi perlu di ketahui bug yang ada pada rom beta lebih banyak dari rom stable dan bug tersebut biasanya akan di perbaiki juga updatenya akan di rilis setiap seminggu sekali.

Lalu mana yang di sarankan dan cocok untuk kalian Rom Stable atau Rom Beta?

Rom Stable : Cocok untuk kalian pengguna yang tidak peduli dengan tambahan fitur baru juga merasa sudah cukup puas dengan fitur yang sudah di sediakan oleh rom stable yang kalian gunakan sekarang dan juga lebih memilih menunggu hingga 2 bulan untuk update penambahan fitur maupun update keamanan karena keamanan dan ke stabilan yang di jamin lebih baik pada rom stable.

Rom Beta : Cocok untuk kalian yang suka fitur baru tetapi tidak peduli dengan bug yang terkadang tidak di sangka-sangka, tetapi sejauh saya menggunakan rom beta ini tidak berbeda jauh dengan rom stable dari sisi kestabilan hanya terkadang ada beberapa bug yang muncul tetapi tidak terlalu mengganggu semua tergantung pada kalian.

Sebagai contoh beberapa hari yang lalu saya baru saja pindah dari rom global stable ke rom global beta dengan alasan fitur yang sangat menarik yang hanya baru tersedia pada rom global beta yaitu fitur game turbo, hide notch, fill notch, update fitur kamera dan lain sebagainya yang mungkin akan hadir pada rom stable dalam hitungan bulan.

Sejauh saya menggunakan rom global beta saya tidak merasakan adanya kendala seperti bug yang parah dan lain sebagainya, rasanya seperti menggunakan rom stable walaupun terkadang rom beta ini memiliki bug tidak terduga tetapi cukup di bayarkan dengan update mingguan untuk di perbaiki oleh pihak xiaomi.

Lalu bagaimana untuk daily driver ( di gunakan sehari-hari ) ?

Untuk keduanya tidak masalah untuk rom stable dan rom beta dapat di gunakan sehari-hari tanpa masalah tak terkecuali dengan resiko yang sudah saya jelaskan di atas saya sendiri menggunakan rom beta untuk sehari-hari dan tidak ada masalah dalam gaming maupun penggunakan normal lainnya.

Oke saya rasa sudah cukup jelas antara perbedaan rom stable dan beta semua tergantung pada kalian kalau di tanya mana yang saya sarankan tentu jawaban pastinya kalian bisa mencobanya sendiri.

Add Comments


EmoticonEmoticon