Thursday, March 21, 2019

Apakah Smartphone Gaming Hanya Gimik Saja ?

Pada postingan kali ini saya akan membahas hal tentang smartphone gaming yang sekarang ini sedang booming di mana banyak vendor smartphone android yang mengeluarkan smartphone dengan label " Gaming " yang menargetkan pengguna smartphone yang senang bermain games, tapi apa sih keunggulan dari smartphone dengan label Gaming ini? apakah hanya gimik semata saja?


Mari kita bahas apa yang di unggulkan dalam smartphone gaming ini ketimbang smartphone yang tidak dapat predikat label Gaming.

*Smartphone gaming memiliki keunggulan pendingin yang lebih mumpuni ( inovasi liquid cooling etc.. )
*Smartphone gaming ada yang memiliki refrest rate layar hingga 120hz
*Di claim lebih cepat dan efisien
*Memiliki fitur-fitur tambahan kontrol tambahan
*Memiliki stereo speaker
*Memiliki baterai yang besar
dan lain sebagainya..

Apakah fitur-fitur pada smartphone gaming di atas tidak ada pada smartphone lainnya? apa fitur-fitur tersebut benar-benar menunjang kelebihan dari smartphone gaming?

*Smartphone gaming tidak lebih dan tidak kurang menggunakan chipset yang sama dengan yang di gunakan smartphone lain dengan tingkat yang setara, kecepatan clock yang sama juga konfigurasi yang sama karena memang chipsetnya sama.

Eitss bagaimana contohnya dengan asus RoG Phone dengan snapdragon 845 yang konfigurasi kecepatannya di naikan 2.96 Ghz? bukankah lebih cepat?

Silahkan lihat tabel perbandingan skor benchmarking antutu berikut di mana asus ROG Phone dengan konfigurasi chipsetnya Snapdragon 845 yang di naikan clocknya menjadi 2.96GHz dari sebelumnya 2.80GHz.


Apa berpengaruh banyak pada kecepatan? Tidak, iming-iming clock speed lebih cepat dari 2.80GHz menjadi 2.96GHz tidak banyak memberi pengaruh bahkan bisa di bilang tidak berpengaruh, kalian bayangkan kenaikan clock speed hanya 0.16GHz sedangkan jika kalian ketahui overclocking di PC pun baru melihat peningkatan performa yang signifikan setelah menembus kenaikan sebesar 20% dari clock normal, 2.80GHz menjadi 2.96GHz hanya naik berkisar 5-6% tidak banyak berpengaruh lihat saja tabel di atas menunjukan asus rog phone dengan clock 2.96GHz bisa di lewati oleh Oneplus 6, Mi Mix 2S dan di imbangin oleh Mi 8, Mi Mix 3 tanpa label gaming dengan clockspeed normal 2.80GHz.

*Selanjutnya adalah pendingin yang mumpuni ( liquid cooling ) di klaim lebih dingin beberapa derajat lebih rendah, untuk ini saya antara setuju dan tidak setuju beberapa gaming vendor memberikan teknologi Liquid Cooling pada smartphone yang di labeli smartphone gaming, beberapa waktu yang lalu saya menggunakan smartphone gaming dari Black Shark dengan teknologi liquid cooling dan ketika saya bandingkan dengan Mi 8 rasanya sama saja bermain berjam-jam di black shark dengan liquid cooling memberikan sensasi hangat setelah beberapa saat bermain juga di mi 8 hanya memberikan sensasi hangat dan menurut saya keduanya sama saja dari segi game semua lancar bahkan mi 8 yang saya gunakan terasa lebih smooth hehe.. yaiyalah secara benchmark mi 8 mengungguli black shark dengan liquid cooling? lihat sendiri gambar berikut yang saya ambil dari situs antutu benchmark


Walaupun benchmark tidak bisa menjadi patokan pasti tapi satu yang pasti bahwa smartphone gaming dan smartphone biasa tidak jauh berbeda soal performa gaming, sama saja hanya ada beberapa fitur yang di tambahkan yang membuat menarik contohnya Kontroler

*Kontroler tambahan bisa di bilang sesuatu yang menarik contohnya Asus ROG Phone yang menyediakan controller dan lubang headphone di bagian bawah sehingga tidak mengganggu saat menggenggam smartphone juga menyediakan fitur AirTriggers di mana bagian samping smartphone sendiri bisa di gunakan sebagai pengganti tombol


Juga Dekstop Dock untuk memainkan game di Smartphone menggunakan Mouse dan Keyboard yang tersambung ke PC.

*Stereo Speaker juga menjadi daya tarik sendiri walau sudah banyak smartphone dengan Stereo Speaker contohnya iPhone dengan stereo speakernya yang terbaik, tapi kita anggap saja keunggulan ini merupakan nilai plus dari smartphone gaming karena tidak semua smartphone menggunakan fitur stereo speaker.

*Display Response Time yang rendah juga merupakan keunggulan smartphone gaming walaupun tidak semua smartphone gaming, dan juga beberapa smartphone sudah memiliki fitur unggulan ini walau tidak ada label gamingnya, juga buat kalian gamer mainstream tidak akan merasakan banyak perbedaan karena pada dasarnya semua smartphone memiliki Display Response Time yang sudah cukup baik.

*Refresh Rate layar yang tinggi menjadi keunggulan beberapa smartphone gaming tapi sayangnya fitur ini agak kurang berguna karena hampir semua game tidak mendukung fitur ini

Di samping keunggulan yang di tawarkan oleh smartphone gaming untuk membuat percaya diri penggunanya fitur penting lainnya tidak bisa di lewatkan begitu saja contohnya Kamera, tidak jarang smartphone gaming yang hanya fokus pada fitur-fitur yang saya sebutkan tadi dan kualitas kameranya? bisa di bilang biasa saja tidak ada yang spesial.

Jadi menurut kalian apakah smartphone gaming hanya gimik ( strategi penjualan pasar ) saja atau benar-benar worth di bandingkan smartphone lainnya yang All-in One yang membuat semua sektor seperti kamera juga menjadi perhatian khusus?

Add Comments


EmoticonEmoticon