Friday, February 8, 2019

Perbedaan Install ROM Fastboot dan Recovery Pada Xiaomi Android

Ingin menginstall ROM di perangkat Android khususnya perangkat Android Xiaomi? tapi bingung ada 2 jenis ROM yang biasa beredar di internet maupun forum-forum Xiaomi atau XDA, yup ROM tersebut terbagi menjadi 2 jenis yaitu Rom Fastboot dan Recovery kedua rom ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai file mentah OS yang ingin kalian install hanya kedua file ini memiliki cara yang berbeda dalam proses instalasi jadi tidak bisa sembarangan, berikut perbedaannya :



*ROM Fastboot memiliki file dengan format .TGZ dan dapat di install ( flash ) dengan mudah menggunakan aplikasi Mi Flash di PC, contoh file rom fastboot formatnya .tgz


*ROM Recovery memiliki file dengan format .ZIP dan tidak dapat di install dengan menggunakan Mi Flash, ROM Recovery ini hanya dapat di install melalui TWRP atau boot costum sejenis, contoh rom recovery formatnya .zip


Jadi tau kan perbedaannya dalam hal instalasi? di samping itu kedua format ROM tersebut tetap membutuhkan perangkat xiaomi yang sudah UBL ya.. alias Unlock Bootloader.

Unlock Bootloader pada perangkat kalian bisa kalian dapatkan denganr request ke Xiaominya langsung pada link berikut : Klik Disini

Untuk metode Fastboot biasanya hanya untuk menginstall ROM resmi dari xiaomi entah itu rom Global atau China, dan untuk metode Recovery biasanya di gunakan untuk menginstall / ( flash ) rom Custom tidak resmi ( hasil modifikasi ) yang biasanya banyak beredar di forum-forum seperti XDA.

Oh ya jika kalian berniat menginstall / flash rom custom ( rom recovery format .zip ), TWRP adalah salah satu hal wajib yang harus kalian install untuk menginstall TWRP ini cukup mudah kalian tinggal cari TWRP yang cocok untuk perangkat kalian kemudian di install melalui Mode Fastboot yang di bantu menggunakan PC untuk tutorial lengkapnya akan saya post di postingan berikutnya.

Jika kalian ingin menginstall rom resmi alias fastboot dengan format .TGZ kalian tidak perlu menginstall TWRP dan lain sebagainya cukup menginstall mi flash di PC, perangkat yang sudah UBL ( unlock bootloader ) dan file rom itu sendiri dengan format .TGZ pastikan rom cocok dan sesuai dengan perangkatnya, tutorial lengkapnya akan saya posting di postingan berikutnya.

Sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar terima kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon