Sunday, February 17, 2019

Cara Downgrade Xiaomi Android 9 Pie Ke Oreo

Bagi kalian yang baru mengupdate perangkat Xiaomi Android MIUI ke versi yang terbaru Xiaomi sudah membekali MIUI terbarunya tersebut dengan Android Pie dengan update sistem keamanan juga, karena umur Android pie belum berapa lama hinggap di Xiaomi miui masih banyak bug dan kekurangannya, saya sendiri merasakan banyak aplikasi yang tidak optimal bahkan tidak dapat di buka setelah menginstall update Android Pie dari xiaomi.



Untuk itu pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial Downgrade dari Android Pie " 9 " ke Oreo " 8.1 ", apa saja syarat untuk downgradenya? berikut syaratnya :

*Sudah Unlock Bootloader - jika belum caranya APPLY pada link berikut : en.miui.com/unlock
*Menginstall Mi-Flash - Download
*Download ROM Fastboot yang sesuai dengan perangkat kalian ( silahkan cari ROM fastboot MIUI dengan versi android 8.1 ) cari disini http://en.miui.com/gid-23.html
*PC dan Kabel USB ( kalo bisa kabel usb yang original biar proses lancar )
*Baterai minimal 70 - 80%

Catatan :

Apa itu ROM Fastboot? Rom Fastboot yaitu file OS dengan format .TGZ yang akan di install / flash menggunakan aplikasi Mi Flash dari Xiaomi, cara ini 100% aman dan resmi dan biasa di gunakan untuk flash ulang xiaomi yang bootloop, soft / hard brick.

Di mana harus mencari ROM Fastboot? banyak di forum-forum resmi xiaomi contohnya bisa kalian cari pada link berikut : http://en.miui.com/gid-23.html jika kalian ingin downgrade dari Android pie ke oreo silahkan cari rom yang dirilis masih menggunakan android oreo caranya tinggal lihat tanggal kapan android pie dirilis untuk xiaomi dan cari rom sebelum tanggal tersebut yang pastinya masih menggunakan android oreo ( kalau bisa jangan install yang beta ya, cari yang global stable ).

Apakah cara ini tidak berbahaya karena xiaomi ada fitur ARB alias Anti Roll Back Protection? tidak seperti yang sudah saya jelaskan di atas asalkan perangkat kalian sudah Unlock Bootloader semua akan lancar-lancar saja.

Sebelum melanjutkan silahkan Back-Up dulu data-data penting kalian dan jangan lupa pastikan syarat-syarat di atas sudah terpenuhi Do It At Your Own Risk! 

#1 : Silahkan install Mi Flash pada perangkat kalian

#2 : Silahkan ekstrak file rom yang berformat .TGZ dan letakkan di direktori utama contohnya C:\*taruh disini foldernya*

#3 : Pastikan perangkat kalian sudah Unlock Bootloader ( cara memastikanya saat kalian restart perangkat kalian akan ada tulisan Unlocked ) seperti gambar berikut


#4 : Jika belum silahkan ulangin proses unlock bootloader yang sudah saya jelaskan atas jika kalian tetap melanjutkan ada resiko perangkat kalian akan soft atau bahkan hardbrick.

#5 : Oke jika semua telah siap silahkan matikan perangkat kalian, tunggu beberapa detik setelah mati kemudian tekan tombol POWER + Volume bawah secara bersamaan hingga masuk menu Fastboot seperti gambar berikut ini


#6 : Kemudian sambungkan perangkat kalian ke PC dan buka aplikasi Mi Flash

#7 : Sekarang copy Address folder tempat di mana kalian menaruh file ROM Fastboot ke dalam kolom address aplikasi mi flash ( contoh tanda biru pada gambar berikut )


#8 : INGAT jangan lupa centang menu ke " CLEAN ALL " pada bagian bawah aplikasi Mi Flash kemduian tekan tombol Refresh

#9 : Otomatis akan muncul jenis device pada bagian kolom aplikasi mi flash sekarang silahkan tekan tombol FLASH ( contoh yang di beri tanda merah pada gambar di atas )

Tunggu hingga proses flashing selesai maka perangkat kalian akan otomatis restart dan masuk ke menu, selama proses flashing pastikan perangkat kalian tetap tersambung ke PC / Laptop ya..

Sekian dulu tutorial kali ini jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar, terima kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon