Monday, December 24, 2018

Apa Benar Android Akan Melambat Dan Lemot Seiring Waktu Di Banding iPhone?

Pertanyaan di atas sudah sangat sering saya dengar dari para pengguna iOS iPhone yang enggan berpindah ke Android atau juga pengguna Android yang kecewa karena baru beberapa bulan menggunakan Smartphone Androidnya kemudian merasakan bahwa smartphone Androidnya semakin lama semakin lemot dan lambat.


Apa benar Android semakin lama semakin lemot di bandingkan dengan iOS iPhone? Apa penyebabnya?

Yang pertama saya akan menjawab dulu pertanyaan : Apa benar Android sepertinya semakin lama semakin lemot di bandingkan dengan iOS iPhone?

#JawabannyaTergantung! ada banyak faktor-faktor khusus untuk pengguna smartphone yang mengatakan bahwa "Android menjadi lemot seiring waktu" yang bisa saya katakan semua tuduhannya adalah Salah jika harus membandingkan dengan iOS iPhone.

Kenapa? Apa yang salah dengan menuduh Android semakin lemot seiring dengan waktu?

#1 : Salah Kelas!
Kebanyakan pengguna smartphone yang mengatakan Android perangkat yang lemot hanya membandingkan smartphone Android yang ada di kelas low-end ( kelas bawah ) atau mid-end ( kelas menengah ) dengan smartphone sekelas iPhone yang sudah jelas-jelas high-end ( kelas atas ), ini sama saja membandingkan kecepatan motor bebek 125cc dengan motor sport 500cc.

#2 : Perbedaan Harga

Berapa harga smartphone Android yang kamu katakan lemot seiring waktu di bandingkan dengan iOS iPhone? 1 juta? 2 juta? saya yakin hampir 2x lipat lebih kan? jadi kembali ke alasan no #1 di atas

#3 : Optimalisasi Android Berbeda Setiap Vendor



Setiap vendor Android contoh saja : Samsung, Oppo, Asus, LG, Sony, Xiaomi, Huawei dan lain sebagainya, menerapkan tampilan dan sistem pengaturan Android mereka sendiri-sendiri jadi jika salah satu vendor ada yang lemot coba pikirkan alasan ke #1 dan #2 di atas, saya yakin setiap disain OS yang mereka keluarkan dapat di jalankan dengan sangat baik di semua jenis smartphone yang mereka keluarkan juga agar semuanya dapat merasakan pengalaman tampilan OS yang sama. Tapi untuk urusan performa semua tergantung dari kapasitas hardware pada smartphone masing-masing.

Dan untuk jawaban " Tergantung " saya di atas gambarnnya seperti ini :

#Contoh perumpamaan sederhana saja :

> Mobil tenaga 1000cc kalian beri beban satu ton otomatis mobil tersebut jalannya akan semakin berat karena terus di paksa membawa beban berat ( Smartphone Low > Mid-end )

> Mobil tenaga 5000cc kalian beri beban satu ton dan tanpa masalah mobil tersebut dapat berjalan dengan lancar ( Smartphone High-end )

#Nah ini sama saja dengan smartphone :

> Smartphone dengan hardware ( perangkat keras/mesin ) kelas rendah hingga menengah di beri beban games, aplikasi yang banyak dan lain sebagainya tentu hardware tersebut semakin lama akan semakin lambat dan kewalahan karena beban dari aplikasi yang di install semakin banyak.

> Berbeda dengan Smartphone dengan hardware kelas atas yang pastinya sudah di desain mampu menangani segala jenis aplikasi maupun games dari yang ringan hingga yang terberat sekalipun maka tidak akan ada masalah.

So kesimpulanya ada Harga ada Kualitas, di samping itu menggunakan perangkat Android harus cerdas dalam menginstall Aplikasi karena Aplikasi yang ada di PlayStore Android tidak semuanya di test ke dalam perangkat android yang jumlahnya ribuan jenis, berbeda dengan AppStore pada iOS iPhone yang setiap aplikasi harus di pastikan cocok dengan perangkat iOS baru dapat masuk dan di terima ke dalam AppStore ini mudah karena jumlah jenis dan model perangkat iPhone dan perangkat iOS lainnya hanya sendikit.

Jadi mau perangkat Android yang tidak cepat lemot seiring waktu sama seperti iOS iPhone? beli yang versi High-End, contohnya saja seri Samsung Galaxy S dan Note yang merupakan seri High-end yang baru cocok di bandingkan dengan iOS iPhone yang hanya mengeluarkan smartphone High-end.

Jadi bagaimana? setidaknya saya berharap kalian yang penasaran kenapa perangkat Android katanya semakin lama semakin lemot itu berkesimpulan sama dengan saya yaitu tidak benar, dan di samping itu semuanya tergantung kepada budget dan selera masing-masing.

Add Comments


EmoticonEmoticon