Friday, November 23, 2018

OCCT Software Stability Overclock Test Paling Real Dan Berat

Overclocking hardware pada PC entah itu Prosesor, GPU, RAM bahkan sampai berani menaikkan Bus Speed adalah hal yang sangat beresiko jika di lakukan dengan tidak benar, dampak yang di timbulkan adalah tidak stabilnya sistem karena hardware di paksa bekerja tidak pada kemampuannya sampai dengan rusaknya hardware itu sendiri jika overclock di lakukan secara sembarangan tanpa pengetahuan yang jelas.



Dalam overclocking umumnya ada beberapa tipe dan tujuan orang melakukan overclock

Pertama untuk hardcore gamers tentu overclocking bertujuan meningkatkan performa PC dan menambah framerate saat bermain games dengan kualitas grafik tinggi, tentu saja di imbangi dengan sistem yang stabil sestabil mungkin sehingga tidak menggangu proses bermain.

Kedua untuk benchmark maniac yang bertujuan mengejar skor benchmark pada PCnya, biasanya benchmark maniac tidak mengejar stabilitas melainkan skor setinggi mungkin yang bisa mereka dapatkan pada tools benchmark tertentu, sebut saja 3DMark, Unigine Benchmark dll.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam melakukan testing stabilitas overclocking hardware pada PC, sejauh ini dengan jumlah 1 korban R9 290 dengan costum watercooling milik saya yang harus pensiun saat melakukan stress test.

Oke sebenarnya pada saat overclocking berapa banyak clock dan memory clock yang saya naikan pada R9 290? tidak lebih dari 10% pada base clock dan 15% pada memory clock, stabil? setelah memainkan beberapa game selama beberapa hari aman-aman saja hingga pada satu saat Crash ketika saya memainkan Rise of the Tomb Raider aneh sudah melewati banyak test stabilitas dengan tools seperti Furmark Extreme tanpa meberikan error, Metro Last Light benchmark loop, 3D Mark loop, Unigine Benchmark loop dan semua saya loop hingga berjam-jam dan stabil tanpa peringatan error.

Sempat berpikir bahwa problem datang dari gamenya iseng saya kembalikan ke clock awal dan yup game berjalan dengan lancar tanpa masalah, saya coba overclock lagi dan tidak berapa lama crash lagi kesimpulan FIX overclock saya tidak stabil padahal saya sudah menggunakan Custom watercooling Corsair H75 dengan bracket Kraken G10 dari NZXT dan tempartur tidak pernah lebih dari 60 derajat dan stabil di 53-55 derajat saat memainkan game berat berjam-jam.

Sampai pada satu saat penasaran saya mendcoba hampir seluruh benchmark tools yang tersedia dan betapa saya kaget hanya satu tools yang memberikan saya banyak error yaitu OCCT, yup software yang kurang terkenal ini bisa di bilang cukup akurat, kenapa? saya melakukan overclock ulang dengan menurunkan settingan dari 10% hanya dapat stabil di angkat kenaikan sekitar 6-7% saja itupun sudah mentok jika di tambah sedikit sekitar 20-30mhz error mulai muncul setelah beberapa menit.

Hasilnya setelah mendapatkan nilai positif pada stress test menggunakan OCCT game Rise of the Tomb Raider yang tadinya crash sekarang bisa berjalan lancar tanpa crash ataupun blackscreen.

Ini penampakan software OCCT yang bisa di bilang lebih sadis dari Furmark Extreme sekalipun


Bukan hanya stess pada GPU/VGA tools ini juga memiliki fitur stress pada CPU dan Power Supply untuk melakukan test kemampuan daya pada PSU yang kalian miliki

Untuk test pada GPU di srankan untuk mengatur FPS limit menjadi 0 sehingga GPU kalian akan di stress sangat berat dengan unlimited FPS.

Tools ini dapat kalian dapatkan secara gratis download pada link berikut : DOWNLOAD

Oke sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon