Wednesday, November 7, 2018

Gaming Emulator Lebih Baik Di Android Atau iPhone?

Berbicara soal emulator pasti sudah banyak dari kalian yang tahu bahwa emulator adalah aplikasi yang dapat di gunakan untuk menjalankan game-game konsol misalnya saja PlayStation 1/2, PSP, Nintendo DS dan masih banyak lagi yang bisa langsung di mainkan dalam perangkat Android atau iOS kalian.

Emulator juga menyediakan support fungsi untuk stick kontroler jadi kalian bisa memainkan game layaknya main langsung pada konsol tetapi dengan layar yang kecil.


Kembali ke topik pembahasan, lalu apa tipe dan jenis smartphone yang mumpuni dan terbaik untuk menjalankan Emulator? jawabannya simple, Android! kenapa android dan apa yang salah dengan iOS?

Yup jawaban saya di atas bukanlah tanpa alasan dan pengalaman yang saya alami tetapi semua sudah saya rangkum kenapa saya memilih Android sebagai platform terbaik untuk Emulator saat ini, alasannya? berikut ini dia alasannya :

Ketersediaan Emulator


Di Android kalian dapat menemukan Emulator yang tersedia secara resmi di Google Play Store atau bisa di download dan install langsung di website penyedia emulator, ada berbagai maca versi mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Di iOS mungkin tidak akan pernah atau setidaknya sampai saat artikel ini saya tulis melihat Emulator yang masuk dan hadir secara resmi ke dalam iOS AppStore, jalan pintas yang bisa kalian lakukan untuk menginstall emulator ke dalam perangkat iPhone adalah sideload menggunakan PC ( menggunakan cydia impactor dengan batasan waktu 7 hari ) atau melakukan jailbreaking ( jailbreak sama dengan root pada android ), di tambah lagi banyak aplikasi emulator yang tidak tersedia di iOS sebut saja ePSXe, Dolphin dan lain sebagainya

Kompatibilitas Dan Update


Sebut saja PPSSPP dan ePSXe yang selalu update untuk perangkat Android dengan penambahan banyak fitur, perbaikan, penambahan performa dan lain sebagainya

Sedangkan di iOS mungkin karena sulitnya melakukan developing tools emulator di mana apple selalu melakukan patch, perbaikan dan perubahan-perubahan sehingga membuat banyak emulator yang tidak dapat lagi di gunakan, kebanyakan juga developer emulator kurang aktif di iOS karena minim peminat hmm...

Kemudahan


Ini yang menjadi kelebihan utama Android di mana kalian bisa melakukan pemindahan data pada aplikasi tertentu ke direktori yang sudah di tentukan dengan mudah layaknya di PC sehingga sangat mudah dalam memasukkan ROM game, modifikasi dan lain-lain.

Di iOS tentu ini bukanlah perkara mudah dan sulit juga merepotkan kalian tidak bisa asal memindahkan dan memodifikasi file data di iOS tanpa terkecuali kalian sudah menjailbreak perangkat iOS kalian.

Peminat

Yup seperti yang sering saya sebutkan pengguna iOS memang bisa di bilang mau yang simple-simple saja walaupun tidak semuanya ( termasuk saya ), menggunakan iOS memang memenuhi segala kebutuhan hiburan seperti sosial media, mendengar musik, bermain games resmi dari AppStore dan lain-lain.

Sedangkan pengguna Android bisa di bilang kebanyakan suka memanfaatkan perangkat mereka hingga titik terakhir karena di dukung juga dengan OS open sourcenya yang dapat melakukan banyak hal contohnya saja Emulator.

Kesimpulan

Tentu saja pemenang jatuh ke tangan Android jika kalian suka bermain game Emulator walaupun demikian iOS juga sebenarnya memiliki potensi yang baik untuk emulator salah satu contoh keunggulan iOS adalah performa yang belum bisa tertandingi oleh perangkat android manapun setidaknya hingga saat ini :)

Mungkin ada pro dan kontra dalam artikel yang saya tulis di atas tetapi secara jujur artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya menggunakan kedua smartphone tersebut selama beberapa tahun dengan fokus utama gaming :)

Sekian dulu postingan saya kali ini jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon