Sunday, October 21, 2018

Tips Memilih Smartphone Android Yang Kencang Bukan Dari Besarnya RAM Saja Tapi Juga SoC


Apa itu SoC? SoC disingkat System-on-Chip di mana berkumpulnya suatu perangkat sistem seperti ProsesorGPU ( yang bertugas mengolah grafik ), Modem ( untuk jaringan konektivitas ) dan lain sebagainya.

Seperti contoh ada banyak vendor SoC mulai dari Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Samsung Exynos, dan juga Kirin.

Bukan saya mau ngejudge mana SoC terbaik dalam urusan performa yang kencang tapi untuk saat ini di lihat dari berbagai benchmark, review dan saya gunakan sendiri Qualcomm Snapdragon masih menjadi pilihan terbaik sebagai SoC dengan performa kencang untuk gaming, kenapa Snapdragon? karena GPU Adreno yang terdapat dalam SoC Snapdragon inilah yang menjadi kunci di mana performa gaming ataupun emulator SoC Snapdragon masih unggul di antara yang lain.

Eitss tapi tidak semua SoC Snapdragon ini kuat untuk game-game berat perhatikan juga tipe dan jenis dari SoC snapdragon ini, untuk gaming berat dan performa yang mantap dengan harga sedang kalian bisa mencari Smartphone Android dengan tipe SoC minimal Snapdragon 625, 636 atau 660 dan pastikan kalian mendapatkan RAM minimal 3gb yang saya rasa sudah cukup OK.

Untuk Smartphone kelas atas bisa cari yang Snapdragon 835 atau 845 dan RAM minimal 6gb, ingat semakin besar angka tipe semakin besar juga performanya setidaknya sampai saat artikel ini saya tulis.

Lalu bagaimana dengan MediaTek, Kirin dan Samsung Exynos? still good untuk multitasking aplikasi sosial media dan gaming tapi saya berani bilang tentu bukan yang terbaik sebaik Snapdragon untuk urusan pecinta performa gaming setidaknya sampai saat ini, apakah saya Snapdragon fanboy? ya dan tidak, saya hanya jujur supaya kalian mendapatkan apa yang terbaik untuk uang yang kalian keluarkan.

Contoh saja beberapa smartphone yang di buat khusus untuk gaming seluruhnya menggunakan SoC Snapdragon sebut saja Razer Phone, Asus Rog dan Xiaomi BlackShark.

Kapasitas Baterai Juga Harus Jadi Pertimbangan

Gaming juga identik dengan baterai dengan kapastias baterai yang besar dapat menopang kinerja smartphone untuk dapat tetap menjalankan game tanpa takut cepat kehabisan daya, untuk itu saya menyarankan juga untuk kalian mencari Smartphone dengasn kapasitas baterai minimal 3000 mAh lebih besar lebih baik!

Kapasitas RAM

Untuk kapasitas RAM saat ini 3/4gb sudah lebih dari cukup untuk 6gb ke atas kita anggap saja sebagai bonus tambahan, artikel lengkap tips dalam memilih RAM sudah saya posting di : Tips Memilih Smartphone Android Dari Segi RAM / Memori

Kapasitas Penyimpanan Data

Ini optional ya tapi untuk game-game terbaru tentu butuh ruang kapasitas yang tidak sedikit bahkan sekarang satu buah game saja ada yang ukurannya sampai 4gb jadi kalau bisa ambil kapastias penyimpanan minimal 64gb

Oke sekian dulu tips dan trik dari saya dalam memilih Smartphone Android terbaik untuk kelas performa, saya yakin ada yang pro dan kontra dengan tulisan saya di atas tapi semua kembali ke user masing-masing saya hanya mengutarakan tentang apa yang saya tahu dan alami dari pengalaman saya selama menggunakan perangkat smartphone Android selama ini.

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon