Sunday, October 21, 2018

Tips Memilih Smartphone Android Dari Segi RAM / Memori

Memilih Smartphone Android yang cukup mumpuni apalagi untuk menjalankan Game dengan grafik tinggi, Aplikasi Sosial Media sehari-hari ataupun aplikasi buat advance user seperti Benchmark maupun Emulator Game adalah sesuatu yang bisa di bilang cukup susah-susah gampang, di Indonesia sendiri kebanyakan orang melihat kecepatan dan performa suatu Smartphone apalagi Android hanya melalui RAM atau Memorinya saja padahal hal ini adalah kesalahan yang cukup fatal.


Ada beberapa perbedaan disini yang harus kalian cermati pertama perbedaan Antara RAM dan Memori :

RAM ( Random Access Memory ) : Adalah penyimpanan data sementara yang di gunakan Smartphone, apa fungsi RAM ini? akan saya jelaskan secara simple agar mudah di mengerti beserta bagaimana cara kerja game atau aplikasi dalam menggunakan ram pada smartphone.

Pertama kali ketika kalian membuka suatu program contoh saja games, maka game yang terbuka akan menjalankan/menempatkan perintah-perintah seperti data visual dan lain sebagainya yang di butuhkan game tersebut agar dapat berjalan ke dalam RAM dan ketika game di tutup? tentu perintah-perintah, data dan sebagainya akan terhapus/hilang dari ram, kenapa hilang? karena game tidak lagi di jalankan dan tentu game tidak akan mengirimkan perintah yang harus di tampung oleh ram itu dia kenapa ram di sebut sebagai penyimpanan data sementara.

Memori ( Penyimpanan Data ) : Berbeda dengan ram yang sudah saya jelaskan di atas yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saja ketikka program di jalankan, Memori lebih merujuk kepada tempat penyimpanan data permanen seperti file-file foto, video, aplikasi/games, musik semua di simpan ke dalam memori yang sudah bawaan smartphone tersebut maka dengan itu sebagai contoh ketika kalian membeli smartphone maka akan tertera kapasitas 64gb misalnya, jadi 64gb itulah ruang penyimpanan data kalian dan ram tidak ada urusannya dengan penyimpanan data 64gb ini, ram berfungsi seperti yang saya sudah jelaskan di atas.

Jadi RAM tidak penting? Penting! tapi bukan cuma ram yang harus di pikirkan untuk mendapatkan performa yang kencang saya beri contoh simple yaitu tubuh kita sendiri yang pastinya membutuhkan semua organ yang sehat agar dapat hidup sehat dan kuat coba salah satu lemah contohnya jantung coba kalian dapat perintah untuk berlari 1000meter jauhnya apakah akan sampai? ya ke Akhirat mungkin. Begitu juga dengan smartphone semua komponen harus saling mendukung satu sama lain, sama-sama kuat jadi bisa saling menopang untuk menjalankan tugas-tugas berat seperti gaming dan lain sebagainya.

Nyatanya Smartphone dengan RAM 3 atau 4gb sudah dapat menangani hampir seluruh aplikasi dan games yang ada.

Contoh lain saja smartphone besutan Apple yaitu iPhone, dengan RAM yang hanya 3gb mampu mengalahkan performa seluruh smartphone Android yang memiliki ram 8GB tidak tanggung-tanggung perbedaannya hampir 3x lipat, kenapa bisa begitu? karena Apple menempatkan semua komponennya secara efisien tanpa ada berlebih atau kekurangan. Mau bukti? coba lihat hasil score benchmark geekbench berikut dengan kapasitas ram iPhone 8plus yang hanya 3gb mampu mengalahkan OnePlus 6, Galaxy S9+, HTC U12+ yang memiliki ram 6 dan 8gb.

ANDROID

iOS APPLE

Jadi RAM tidaklah mutlak menetukan kecepatan suatu Smartphone banyak pertimbangan hardware lainnya yang sangat penting untuk di perhatikan salah satunya yaitu SoC : System-on-Chip di mana terdapat banyak komponen seperti prosesor, gpu, modem dll yang di satukan dalam satu chip yang di sebut SoC, untuk tips memilih SoC gaming silahkan baca di : Tips Memilih Smartphone Android Yang Kencang Bukan Dari Besarnya RAM Saja Tapi Juga SoC

Oke sekian dulu postingan saya kali ini jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah, Terima Kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon