Saturday, October 13, 2018

Cara Menghapus File Permanen Pada Harddisk Menggunakan CCleaner Agar Tidak Bisa Di Restore

Saat menghapus file pada PC file tersebut belumlah benar-benar terhapus dan masih sangat besar kemungkinannya untuk di recorvery menggunakan tool gratis seperti Recuva, GDB dan lain sebagainya, kenapa bisa begitu? karena blok-blok kosong dalam harddisk masih tertulis file yang di hapus tersebut sebelum di timpa oleh file lainnya jadi komputer kita istilahnya hanya melupakan file tersebut tapi harddisk masih menyimpan blok datanya dan untuk menghilangkan permanen data tersebut harus di timpa oleh file data yang baru.


Tapi tidak harus ribet copy paste sampai berulang-ulang, kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner bukan hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk membersihkan junk, cache atau registry pada komputer tetapi ada beberapa fitur tambahan yang sangat berguna salah satunya " Drive Wiper " fungsi Drive Wiper ini untuk menimpa segala file yang kalian sudah hapus sehingga tidak dapat di recorvery.

Cara kerjanya dengan mengisi dan menimpa ruang kosong pada drive ( ruang kosong = sisa kapasitas drive tempat di mana file yang di hapus blok datanya masih tertulis pada harddisk ) file yang diisi random oleh CCleaner.

Langsung saja berikut caranya :

( Sebelum melanjutkan cara ini tidak di rekomendasikan untuk pengguna SSD )

#1 : Pertama download dulu aplikasi CCleaner gratis Klik Disini kemudian install dan buka CCleaner pilih menu Tools > Drive Wiper.


#2 : Kemudian pastikan pada bagian

Wipe : Free Space Only ( jangan di rubah kalau pilih Entire Drive semua file kalian berarti akan di hapus )

Security : Semakin banyak passnya semakin sulit atau bahkan mustahil file kalian akan bisa di recorver ( kekurangan semakin banyak pass akan semakin juga memakan waktu yang sangat lama tergantung kapasitas yang tersisa )

Drives : Silahkan pilih drive yang kalian inginkan

Jika sudah silahkan pilih tombol Wipe dan tunggu hingga proses pembersihan selesai, ingat CCleaner membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pembersihan file yang sudah di hapus agar tidak bisa di recorvery dan lamanya bisa sampai berjam-jam bahkan seharian.

Bagaimana? untuk melakukan test apakah file sudah benar-benar tidak bisa di recorvery gunakan aplikasi Recuva ( download klik disini ) untuk melihat apakah file masih bisa di recorvery atau tidak

Oke bagaimana mudah kan? jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah terima kasih!

Add Comments


EmoticonEmoticon