Saturday, August 25, 2018

Cara Menambahkan Fitur Mirip Face ID Unlock Untuk Semua iPhone Selain iPhone X

Face ID adalah fitur keamanan yang menggunakan wajah sebagai passwordnya, titik-titik pada wajah akan di rekam oleh face id untuk di jadikan akses untuk masuk. Karena teknologinya yang mahal face id sampai saat ini hanya tersedia untuk iPhone X.


Tapi kali ini saya akan membagikan sebuah tweak jailbreak yang berfungsi membuat fitur unlock mirip face id yaitu menggunakan wajah kalian, sebenarnya tweak ini tidak benar-benar melakukan scan pada wajah kalian seperti yang di lakukan face id tapi hanya menggunakan fitur face recognition ( pengenalan wajah ) sama seperti yang ada di android.

Untuk dapat menerapkan fitur mirip Face ID ini kalian membutuhkan perangkat iPhone atau iPad yang sudah di jailbreak, buat kalian yang tertarik untuk jailbreak silahkan klik disini

Tweak ini adalah Appellancy tweak ini sebenarnya sudah tidak di update oleh developer aslinya, tapi karena tweak ini projectnya open source jadi bisa di lanjutkan oleh developer lain sehingga sampai saat ini sudah support hingga iOS 11.

Kalian bisa mendapatkan tweak ini pada repo aslinya berikut : http://julioverne.github.io

Bagi kalian yang belum tahu cara mendapatkannya silahkan ikuti tutorial berikut ini :

#1 : Siapkan perangkat kalian yang sudah di jailbreak + koneksi internet, buka aplikasi Cydia pilih menu Sources lalu Edit kemudian Add, akan muncul menu dialog seperti gambar di bawah


Silahkan masukkan alamat berikut ke dalamnya : http://julioverne.github.io
setelah itu pilih Add Source dan tunggu hingga proses penambahan alamat di atas selesai.

#2 : Masih di aplikasi Cydia pilih menu Search setelah itu masukkan nama aplikasi/tweaknya yaitu "Appellancy (iOS11)" tanpa tanda kutip ya.. kemudian pilih lagi tombol Install di pojok kanan atas dan Confirm, tunggu hingga proses instalasi selesai dan pilih Restart Springboard.


#3 : Setelah restart springboard selesai silahkan masuk ke homescreen dan buka aplikasi appellancy untuk memulai menambahkan wajah kalian yang akan di gunakan untuk membuka password.


Untuk menambahkan wajah kalian silahkan tekan + di pojok kanan atas kemudian masukkan nama dari wajahnya dan pilih OK, setelah itu di pilih lagi nama yang sudah kalian masukkan tadi, jika ada peringatan instructions pilih saja OK


Kemudian klik tombol Start yang ada di tengah untuk memulai perekaman wajah yang menggunakan kamera depan, tunggu dan gerakan wajah anda sedikit sampai 5 kali maka otomatis wajah kalian akan di kenali untuk membuka perangkat kalian.

Aplikasi / tweak ini menyarankan untuk kalian menambahkan setidaknya 20 foto berbeda-beda pola wajah seperti saat pakai kacamata, saat berada di ruang terbuka atau ruang sedikit gelap dll fungsinya untuk menambah keakuratan saat membuka menggunakan fitur ini. Untuk menambahkan wajah kalian lagi silahkan pilih lagi nama yang sudah di daftarkan tadi dan pilih start untuk mulai menambahkan.

Sekarang silahkan masuk ke menu pengaturan/settings scroll ke bawah dan cari menu Appellancy silahkan di buka pastikan sudah di enable lalu lanjut ke menu settings dan disini kalian bisa ubah sedikit pengaturan contohnya untuk mematikan fitur membuka penggunakan pengenalan wajah ini jika ada notifikasi atau sedang memutar musik dll, biarkan saja bila kalian tidak mau repot.

Kemudian jika perangkat iPhone atau iPad kalian menggunakan Touch ID gunakan tombol power di samping atau di atas untuk menyalakan kalau pakai tombol home dengan jari yang sudah di daftarkan nanti touch id yang terpakai untuk membuka password.

Jika kalian pengguna iPhone 6S ke atas kalian bisa menggunakan fitur Raise to Wake yang ada di Pengaturan > Display & Brighness, jadi saat kalian mengangkat perangkat kalian maka layar akan otomatis menyala tinggal kalian gunakan wajah kalian menghadap ke layar untuk membuka menggunakan wajah.

CATATAN : Jika tweak tidak bekerja coba luruskan antara wajah dan kamera depan pada perangkat kalian, jika tidak juga bekerja silahkan coba respring.

Sekian postingan kali ini :)

Add Comments


EmoticonEmoticon