Thursday, August 9, 2018

Apa Itu iOS Jailbreak? Cara Serta Keuntungan/Resiko Setelah Jailbreak

Buat kalian pengguna iOS iPhone ataupun iPad pernahkah kalian mendengar kata Jailbreaking iOS iPhone maupun iPad? ya praktik jailbreak sudah di lakukan semenjak iPhone pertama di rilis tahun 2007 sebenarnya apa itu Jailbreak? kenapa saya menyarankan kalian untuk jailbreak? ( setidaknya buat kalian yang bosan dan ingin melakukan sesuatu yang lebih untuk perangkat kalian ).

Oke Jailbreaking iPhone atau iPad praktik tujuannya untuk membuka batasan software yang di buat oleh apple, misalnya bisakah iPhone menginstal tema? tentu tidak karena apple menutup akses untuk memodifikasi perangkatnya, maka karena itu Jailbreak ada dengan jailbreak jadi kalian dapat menginstal tema pada iPhone kalian.

contoh gambar theme manager (anemone) kiri dan temanya setelah di terapkan kanan

Kemudian bagaimana proses terjadinya Jailbreaking iPhone atau iPad? proses terbentuknya jailbreak itu simplenya dengan menerobos sistem keamanan ( keamanan supaya tidak bisa di modif ) yang di pasang apple yang tujuan supaya kita tidak dapat mengutak-atik perangkat iOS selain dari apple sendiri untuk menerobos batasan ini akhir-akhir ini sangatlah sulit karena apple semakin memperketat keamanan supaya tidak bisa melakukan jailbreak, tapi seiring bertambah kuat keamanan apple bertambah kuat juga developer-developer penyedia jailbreak.

Soal keamanan saat jailbreak? untuk keamanan jailbreak artinya kalian sudah membuka lapisan keamanan terluar yaitu keamanan yang mengurusi agar tampilan, file-file data aplikasi dan settingan iOS perangkat kalian supaya bisa di modif, buat saya pribadi iOS jailbreaking berbeda dengan root android jailbreaking iOS memiliki komunitas yang sangat kuat sehingga jarang sekali ada malware lagipula malware virus dll kebanyakan masuk karena ada kesalahan setelah kalian menginstall tweak sembarangan, aplikasi bajakan dari luar dll.

Kemudian bisakah Jailbreak mencuri data password kita? ingat dalam jailbreak yang di buka hanya kemanan untuk mengakses file root agar bisa memodif tampilan bukan tempat keamanan password lagipula untuk menerobos keamanan password dll adalah hal yang cukup mustahil di karenakan keamanan tersebut di jaga juga oleh hardware pada perangkat.

Jika melakukan jailbreaking perangkat kalian hanya untuk sekedar tema, cheat dan hack games, instal tweak dll saya rasa tidak ada masalah saya sudah melakukan praktik jailbreak ini sejak 2010 hingga sekarang 2018 dan tidak pernah ada masalah data hilang dll tanpa terkecuali saya hapus lalu lupa saya backup :P

Satu lagi garansi perangkat iPhone atau iPad yang bermasalah kalian tidak akan di terima pihak apple jika dalam keadaan ter-jailbreak tapi tenang bisa di siasati kok tinggal restore pake iTunes kelar deh atau kalo mati total tinggal kasih aja biasanya gak di cek, ya gimana mau di cek perangkatnya mati total jadi tinggal tunggu ganti baru aja ( untung-untungan sih ), tapi kalau udah abis masa garansinya ya gak masalah :D

Masalah muncul lagi pas mau ganti baterai resmi ke apple store/authorized apple di indonesia biasanya versi iOS kita akan di update ke iOS terbaru setelah ganti baterai, jadi kalian akan kehilangan jbnya saya saranin bilang ke tempat kalian membeli baterai untuk tidak mengupdate iOSnya biar jbnya tetap ada ( kalo bisa itupun ) :D

Lanjut deh.. kemudian harus start dari mana untuk jailbreak? apa yang terjadi setelah jailbreak?

Untuk start jailbreak silahkan ikutin tutorialnya sudah saya post :

Cara jailbreak iOS 10 - 10.3.3
Cara jailbreak iOS 11 - 11.3.1

Atau cek Cara / Tools Jailbreak terbaru silahkan lihat pada menu pada blog ini di atas, iOS Jailbreak > Jailbreak Updates

Untuk cek versi iOS kalian silahkan masuk ke settings > general > about > version

Eits sebelum memulai jailbreak nih saya jelaskan apa yang akan terjadi setelah jailbreak? yang :

#1 : iPhone kalian langsung rusak xD wkwkwkwk bercandaaaa.. :P yang pertama ya pastinya sistem iOS kalian akan di buka akses keamanan rootnya ( di buka askses root agar bisa di modif )

#2 : Akan terinstal Aplikasi CYDIA secara otomatis ( apa sih itu cydia? cydia merupakan tempat sekaligus sumber tema, tweak, segala macam aplikasi layaknya appstore ) kemudian apa itu tweak? tweak merupakan sebuah berkas yang bisa di download melalui Cydia yang bertujuan untuk melakukan modifikasi contohnya, tweak bernama LocalIAPStore yang kalo kalian instal saat kalian membeli sesuatu di dalam aplikasi atau games bisa jadi gratis tanpa membeli :D keren kan! contoh tweaknya coba bisa kalian lihat disini

#3 : Kalian akan mulai mengetahui keindahan iOS iPhone atau iPad kalian setelah di Jailbreak, silahkan kalian bereksperimen dengan tweak-tweak yang ada di dalam Cydia oh ya jangan sampai salah install ya baca keterangan tweaknya dulu fungsi dan iOS versi berapa yang di support. Kalo bingung kalian bisa pantengin artikel tentang tweak-tweak apa saja yang keren dan fungsinya di blog ini ada di bagian menu Jailbreak Tweaks atau klik disini buat lihat-lihat, sebenarnya di youtube juga banyak tinggal kalian cari aja misalnya kalian pake iOS 11 yang sudah di jailbreak tinggal cari di youtube "Best Tweak for iOS 11" kira-kira begitu :)

Ini istilah umum pada dunia jailbreaking iOS

Cydia : Tempat menginstal tweak, tema, aplikasi yang hanya bisa di dapatkan saat jailbreak saja, cydia ini bagaikan appstorenya jailbreaker

contoh tampilan cydia

Tweak : Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tweak merupakan berkas berisi perintah, aplikasi dan lain-lain yang bertujuan memodifikasi iOS kalian sesuai keterangan dan fungsi yang di jelaskan oleh tweaknya

contoh tweak dalam cydia, tingal pilih dan instal sesuai keinginan :D

Respring : Restart Springboard, respring di lakukan untuk melakukan refresh pada perangkat kalian misalnya habis instal tweak dll

Repo : Repo atau juga Sources merupakan alamat website toko atau penyedia tweak, tema dll, cydia tidak menyediakan semua repo yang ada begitu saja karena repo seperti halnya toko yang bisa di urus dan di buat siapa saja dan di isi konten ekslusif hanya khusus untuk repo miliknya kalo di ibaratkan Repo = website, beda website beda isi ( walau kadang sama ) :D

contoh daftar repo yang di tambahkan ke cydia

Cracked : Sama halnya dengan aplikasi, program komputer di cydia banyak konten yang di haruskan untuk membeli kemudian selang beberapa lama datanglah bajakannya nah inilah yang di sebut cracked, misalnya tweak yang sudah di cracked artinya bisa di instal tanpa membeli yang pasti ilegal ya kasihan developernya, cotoh gambar di bawah :

 aslinya bayar 

gratis download di repo bajakan :D

SSH : SSH ini sama seperti yang kalian bisa temukan di komputer fungsinya adalah sebuah terminal untuk melakukan perintah untuk mengirim data, merubah settings, bahkan bisa merubah password dll.. ( tidak usah fokus di ssh emang ribet xD saya saja jarang sekali pake ssh dan buat pengguna bias a tidak butuh-butuh amat ssh ini selain buat mengubah password root saja).

Selain itu yang perlu dan penting di perhatikan jailbreak juga terdiri dari berbagai macam Jenis, seperti :

Untethered Jailbreak : Inilah jailbreak yang bisa di bilang paling di idam-idamkan jailbreak jenis untethered yang tersedia untuk iOS 9 ke bawah untethered ini artinya jailbreak akan bertahan selamanya dan tidak ada batas masa aktif mau di restart perangkat kalian apapun itu tidak ada pengaruhnya jailbreak tetap ada, tapi karena jailbreak jenis ini semakin langka dan sulit di buat jadi munculah jailbreak semi-untethered.

Semi-Untethered Jailbreak : Jailbreak jenis ini yang sekarang kita gunakan untuk jailbreak iOS 9, 10 hingga 11, jailbreak ini bersifat selamanya asalkan perangkat kalian tidak di restart/mati ya soalnya kalau mati jailbreaknya otomatis ikut mati dan harus di jailbreak ulang yang tidak enaknya aplikasi yang kalian gunakan untuk melakukan jailbreak ulang memiliki batas waktu yaitu antara 7 hari ( gratis ) atau satu tahun ( menggunakan apple ID developer dan mesti bayar ), jadi misalkan aplikasi untuk jailbreak sudah melewati batas aktif 7 hari / satu tahun untuk melakukan jailbreak ulang kalian harus melakukan penginstallan aplikasi kembali, keuntungan jailbreak ini juga biasanya tidak mudah bootloop karena jika ada tweak bermasalah atau tidak sengaja kalian menginstall tweak yang menyebabkan bootloop, tinggal restart saja perangkat kalian maka otomatis jailbreak akan mati dan tinggal melakukan jailbreak ulang dengan mengaktifkan mode no-tweak di aplikasi jailbreak seperti electra setelah di jailbreak ulang tinggal di hapus deh tweak yang bermasalah tersebut.

Tethered Jailbreak : Inilah jenis jailbreak paling ribet untungnya sudah jarang developer mengeluarkan jailbreak jenis ini, jadi untuk jailbreak ini setiap perangkat kalian mati ( entah habis baterai, restart dll ) kalian tidak dapat menyalakannya kembali secara manual dengan tombol power, untuk menyalakannya kembali kalian harus di bantu dengan aplikasi jailbreak yang sudah di install di PC kalian.

Semi-Tethered Jailbreak : Ini adalah solusi untuk versi Tethered Jailbreak, jadi versi ini mengizinkan kalian untuk menayalakan perangkat kalian kembali tanpa PC sama sekali tapi akan ada konsekwensinya yaitu aplikasi cydia dan beberapa aplikasi bawaan perangkat kalian tidak dapat bekerja, jadi hanya beberapa saja.

Dengan melakukan jailbreak pada iPhone dan iPad kalian seiring berjalannya waktu kalian akan mengerti sendiri betapa powerfull dan indahnya kostumisasi perangkat iPhone atau iPad setelah jailbreaking itu.

Oke sekian dulu post saya jika ada yang mau tanya mengenai Jailbreaking iPhone atau iPad saya akan jawab secepatnya dan sejujur-jjujurnya xD silahkan tinggalkan komentarnya pada kolom komentar ya :)

Add Comments


EmoticonEmoticon