Tuesday, July 23, 2013

Cara Menghilangkan Setrum Listrik Di Casing CPU

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara menghilangkan setrum dari komputer, setrum pada case komputer di akibatkan oleh sistem grounding yang buruk, grounding sendiri biasanya berada pada bagian stopkontak dan colokan yang fungsinya untuk membuang arus listrik yang bocor.

Walaupun setrumannya tidak terasa seperti terkena serangan jantung ( setruman 220volt ) tapi setruman ini cukup mengagetkan ya.. lagi asik-asik main tiba-tiba tangan atau kaki tersentuh casing cpu dan hasilnya kaki atau tangan tersebut tiba-tiba langsung terpental hehe..

Sebenarnya tidak terlalu perlu mengganti sistem perkabelan stop kontak atau colokan dengan sistem grounding sesuai yang di sarankan apalagi kalau cuma untuk PC saja, arus yang bocor ini tidaklah berbahaya untuk PC hanya saja berbahaya kalau tersentuh oleh diri sendiri karena bisa kaget dadakan.

Oke untuk membuang arus listrik berlebih ini sangatlah mudah hal yang pertama harus kalian siapkan adalah :

> Kabel Tembaga ( yang keras kalau bisa, tembaga tunggal ukuran 2x0.75 atau 2x1.5 ukuran lain tidak masalah panjangnya 50cm buat jaga-jaga ambil 1 meter saja ) kalau tidak ada kalian bisa menggunakan Kawat Tembaga yang biasa di pakai untuk mengikat, pastikan terbuat dari bahan yang bisa mengalirkan listrik )
> Paku baja
> Palu
> Gunting
> Tespen ( untuk test apakah listrik masih ada atau tidak, kalau tidak punya tespen bisa gunakan tangan hahah )
> Sendal ( gunakan sendal saat mencoba cara ini untuk jaga-jaga saja walaupun arus listrik dari casingnya kecil tapi cukup mengagetkan dan dengan sendal ini kalau seketika tersetrum sendal dapat membantu kalian menghilangkan arus listrik kejut sehingga tidak terlalu terasa )

Lalu apa fungsi dari alat-alat di atas? begini, kita akan membuang arus berlebih tersebut ke dalam tanah ( emang bisa? ) ya bisa cara kerjanya nanti kabel akan membuang arus berlebih tersebut ke dalam tanah, caranya? silahkan ikuti cara berikut :

#1 : Pakai dulu sendalnya

#2 : Siapkan kabel tembaga yang sudah di potong kedua ujungnya sekitar 5cm

#3 : Silahkan tancapkan paku ke tembok dekat Casing PC yang menyetrum

#4 : Pastikan PC dalam keadaan mati ( cabut dari stopkontak ) kemudian buka salah satu baut pada casing ( bisa baut dari PSU atau baut penutup Casing )

#5 : Kemudian lilitkan kabel tembaga tersebut ke baut yang sudah di buka setelah itu pasang ulang bautnya ke tempatnya dalam keadaan terlilit kabel, pastikan juga bautnya di pasang dengan kencang ya dan kabelnya dalam keadaan terjepit oleh si baut.

#6 : Sekarang sambungkan ujung kabel yang satu lagi ke paku yang ada di tembok dengan cara di lilitkan agar tidak mudah terlepas ( ini alasan kenapa memilih kabel tembaga tunggal karena mudah di lilit )

Contoh skenarionya bisa kalian lihat pada gambar di bawah :


Setelah selesai silahkan nyalakan kembali komputer kalian dan coba apakah listrik masih ada di casing atau tidak dengan menggunakan tespen ( cara menggunakan tespen yaitu sentuh permukaan ujung tespen di bagian paling atas kemudian tempelkan ujung satunya lagi ke casing cpu yang di anggap menyetrum kalau tespen tidak menyala berarti setrum sudah hilang tetapi sebaliknya kalau tespen menyala berarti setrum masih ada )


Bagaimana kalau tidak punya tespen? tangan kalianlah alat sederhana nan simplenya hehe.. coba saja sentuh dengan cepat menggunakan jari pada area casing pc untuk mengetahui setrumnya masih ada atau tidak.

Kalau tidak selamat arus listrik berlebih sudah di buang ke dalam tanah, kalau belum perhatikan baik-baik sambungan dari casing PC ke Paku, apakah sambungan tersebut sudah benar atau belum pastikan juga antara baut yang di lilitkan tembaga bisa di aliri listrik.

Bagaimana simple kan? walaupun terlihat aneh ( bagi yang baru tau ) tapi cara ini adalah cara paling ampuh jika sistem grounding di rumah kalian bisa di bilang buruk atau berantakan, baik sekian dulu postingan kali ini jika ada pertanyaan dan lain-lain silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih dan semoga bermanfaat!

Add Comments


EmoticonEmoticon