Saturday, December 29, 2012

Cara Mengatasi Komputer Windows Yang Lemot, Sering Keluar Sendiri, Freeze, Hang, Error

Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi komputer Windows yang Lemot, aplikasi suka Keluar Sendiri, terkadang ngeFreeze tidak mau gerak, ngeHang, sering muncul peringatan Error dan lain sebagainya.

Ada banyak tips-tips, cara-cara dan solusi yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah di atas, tapi sebelum itu perlu di ketahui terlebih dahulu secara singkat apa sih biasanya yang menjadi penyebab dari semua masalah tersebut?

Masalah tersebut bisa datang dari berbagai hal contohnya saja :

> Aplikasi atau Program yang berjalan di latar belakang sudah terlalu banyak!
> Sistem terserang virus, program malware dan sejenisnya
> Menampung terlalu banyak file yang tidak terpakai ( berantakan )
Aplikasi dan program yang di buka terlalu berat
> Panas berlebih pada hardware ( overheating, kipas atau pendingin tidak berfungsi dengan baik )
> Overclocking tidak stabil
> Ada aplikasi atau program yang bentrok misalnya 2 antivirus sekaligus
dan lain sebagainya.

Sekarang kalian bisa mencoba cara-cara di bawah untuk memperbaiki masalah seperti yang saya tuliskan di atas.

#1 : Uninstall / Hapus aplikasi dan program yang tidak di perlukan
Hal ini menjadi penyebab pertama hal yang sering di keluhkan oleh masalah-masalah di atas, kebanyakan orang tidak peduli dengan program apa yang ada di komputer atau laptopnya yang penting bisa di pakai saja padahal program-program tidak jelas merupakan biang kerok paling utama penyebab lemot, sering not responding, keluar sendiri dan lain-lain. Hal ini di sebabkan hardware harus membagi kinerja dengan program yang tidak di butuhkan tersebut.

Hal yang bisa kalian lakukan adalah menghapus program yang tidak terpakai dengan cara :

Pada kolom search windows yang ada di pojok kiri bawah masukan kata kunci Control Panel setelah itu di pilih kemudian pilih lagi Uninstall a program sekarang klik kanan pada program atau aplikasi yang tidak di perlukan lalu pilih Remove / Uninstall


> Catatan : jangan sampai salah dalam menghapus program apalagi sampai terhapus program driver dan antivirus, hapuslah program-program yang pernah kalian download dan install kemudian tidak lagi di pakai.

#2 : Hapus File yang Tidak di Perlukan


Kalau kalian sering download gambar, file dokumen dan sejenisnya yang sudah tidak pernah terpakai ada baiknya di hapus, karena hal ini akan membebani kinerja harddisk saat kalian mengeksplorasi data-data yang lainnya. Saran saya kalau bisa taruh dan pisahkan file-file dalam satu folder atau hapus data yang memang tidak lagi di perlukan.

#3 : Gunakan Aplikasi Untuk Menghapus File Sampah


File sampah atau (file : junk, temporary, thumbnail cache dsb) merupakan file yang otomatis di buat oleh windows memang fungsinya untuk mempercepat saat membuka suatu program tapi jika program sudah tidak ada alangkah baiknya agar cache tersebut di hapus agar segar kembali, cara menghapusnya kalian bisa menggunakan program seperti CCleaner yang bisa di download secara gratis pada link berikut :

DOWNLOAD CCleaner

#4 : Gunakan Antivirus yang Ringan dan Memiliki kinerja Baik


Untuk melindungi sistem dari virus Antivirus adalah salah satu program yang ampuh dalam hal proteksi, karena virus dan program merusak sejenisnya dapat membuat kinerja sistem menjadi sangat berat dan menimbulkan masalah tanpa ujung. Solusinya adalah gunakan antivirus yang ampuh dan ringan seperti contoh, Avast, Eset Nod32, Bitdefender dan masih banyak lagi.

#5 : Install Ulang Operating Sistem ( Windows )


Jika di rasa problem pada sistem sudah terlalu parah, banyak aplikasi atau program yang sulit di hapus dan lain-lain, install ulang windows menjadi salah satu solusi cepat dan efisien dalam membuat kinerja menjadi fresh seperti baru tapi kekurangannya adalah kalian harus menyiapkan kembali cd installer beserta media untuk membackup seluruh data kalian.

#6 : Bersihkan Hardware Komputer atau Laptop


Debu dan kotoran dapat menyebabkan panas berlebih pada hardware, sementara panas dapat membuat kinerja hardware turun bahkan cepat rusak, jika seluruh cara di atas sudah di terapkan pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan pada komputer atau laptop, apakah banyak terdapat debu yang menutup sirkulasi kipas atau mungkin thermal paste sudah mulai kering?

Itu saja beberapa tips dari saya, jika kalian masih kurang mengerti ada baiknya untuk minta pertolongan ke teman yang lebih mengerti dan jangan takut untuk mencoba ya.. karena orang yang banyak mencoba adalah orang yang banyak ilmu.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat, Terima Kasih!

1 comment

  1. yap benar sekali mas, memang kalo kondisi nge freeze sangat menjengkelkan banget. makasih ya informasinya.
    oh iya apabila berminat kerjasama sewa rental laptop di seluruh indonesia bisa hubungi http://sewalaptop.id

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon